Selasa, 12 Januari 2010

CSL yang memalukan... >_<

Alhmdulillah... hampir aja lupa kalau masih punya blog...
Hmm..Luahkan yang terpendam...

Hari ini benar-benar melelahkan.., setelah 1 bulan lebih berkutat di sistem indra khusus, akhirnya tadi ujian juga. Ntahlah.. rasanya di sistem ini koq agak sulit untuk dijalani. Kalau dilihat2 kegiatanku akhir2 ini memang cukup padat. Mulai dari ngurus pengajian, mading, trs acara2 organisasi yang ngga jarang mencuri waktu kuliah, bahkan CSL dan PBLku pun seperti main-main..

Tapi, jujur, semua itu tak pernah kusesali, yang kusesali hanyalah manajemen waktuku yg buruk. Aku sadar bahwa ini harus segera dibenahi, harus lebih memperhatikan skala prioritas (bgtu kata ustazah).

Indra Khusus, 6 sks.., sistem yang dijalankan setelah sistem GEH (Gastroenterohepatology) yang 6 sks pula, alhmdulillah telah terlewati dan alhmdulillah sistem GEH lulus dgn nilai yg cukup memuaskan..., yah tinggal tunggu sistem indra khusus..(berharap dpt mu'jizat dr ALLAH)tapi tunggu..!!! ada yang lain dengan sistem ini, ya, sistem ini agak berbeda.., kenapa? ya..jujur aja aku kurang belajar..ya, gara2 upgrading dilanjutkan seminar 3 hari di bandung membuatku kecapaian dan jatuh sakit, jadinya ga ikut pleno, 3 dari 6 responsi CSL pun ga diikuti.., yaALLAH, hamba hanya minta yang terbaik..

jadi ingat waktu ujian CSL mata kemarin,

Ujian Pemeriksaan Fisik Mata (Segmen Posterior Bola Mata)

Saya : Baik Bapak, sekarang saya akan memeriksa Bagian belakang bola mata bapak dengan menggunakan alat ini (ofthalmoskop), alat ini aman ya pak, dan apapun hasilnya nanti akan saya rahasiakan sesuai dgn kode etik kdokteran, bagaimana pak,? bersedia?

Probandus : Iya dok.

Saya dengan PDnya menyalakan ofthalmoskop, kemudian langsung saya arahkan ke mata kanannya untuk melihat retina, arteri, vena, dan papilla. Tapi..koq saya ngga liat apa2 ya..?? padahal jarak muka saya dan pasien tu dah 5cm (huuaa..deket bangett...).
Udahlah.., jadinya saya mengarang bebas.

Saya bilang : ehm, retina baik, perbandingan arteri dan vena, 2:3, papilla baik..

tiba2 dokter penguji bilang : Ok, cukup, tadi kamu ngga tetesin obat midriatil kan ya..??

Astgfirullah.., pantes ga keliatan apa2...!!!! yah.. remedial dengan sukses...!!!
smoga hal seperti ini tidak terulang lagi, (kapok + malunya itu loh...)..
Belajar..belajar...!!! Belajar dari kesalahan.., Insya ALLAH esok kan lebih baik..!! Tetap Semangat..!!







Tidak ada komentar: